Profil

SEAMEO


Organisasi Menteri Pendidikan Asia Tenggara (Southeast Asian Ministers of Education Organization/SEAMEO) adalah organisasi regional yang didirikan oleh Menteri Pendidikan di negara-negara Asia Tenggara. Pendirian SEAMEO merupakan hasil pertemuan antara lima Menteri Pendidikan (Lao PDR, Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam); Ketua Komisi Nasional UNESCO Filipina; dan Penasihat Khusus Presiden Amerika Serikat di Bangkok pada 30 November 1965. Seiring berjalannya waktu, negara-negara lain di Asia Tenggara mulai bergabung dengan SEAMEO. Pembentukan SEAMEO adalah untuk mengembangkan kerja sama regional di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya di Asia Tenggara.

SEAMEO, yang pusatnya berada di Bangkok, Thailand, saat ini memiliki 11 Negara Anggota.


Untuk meningkatkan cakupan dan kualitas layanannya, SEAMEO bekerja sama dengan negara dan institusi di luar Asia Tenggara yang tergabung dalam Anggota Asosiasi dan Afiliasi SEAMEO.



SEAMEO bekerja sama dengan Negara Anggota, Anggota Asosiasi dan Afiliasi untuk mengembangkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di Asia Tenggara. Guna meningkatkan efektivitas program-programnya, SEAMEO mendirikan 26 pusat regional dan jaringan sebagai kepanjangan tangannya dalam bidang pendidikan, sains dan budaya di kawasan Asia Tenggara dengan spesialisasinya masing-masing. Setiap pusat regional bertanggung jawab untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di Asia Tenggara melalui seminar, pelatihan, lokakarya, konferensi, kursus, penelitian, dan program pengembangan profesional berkelanjutan lainnya.

Secara kolektif, para menteri dari Negara Anggota SEAMEO membentuk badan tertinggi di organisasi yakni Dewan SEAMEO (SEAMEO Council). Dewan memiliki hak untuk mengontrol kebijakan dan administrasi pusat regional SEAMEO. Secara bersama-sama, semua pusat regional bersinergi untuk kemajuan kawasan Asia Tenggara.

×