Siaran Pers: Imbangi Perkembangan Pengetahuan dengan Saling Berbagi

Siaran Pers
Jakarta, 18 Juni 2021

 

Imbangi Perkembangan Pengetahuan dengan Saling Berbagi

Panitia dan peserta Pelatihan Kecakapan Abad Ke-21 untuk Guru Bahasa pada prosesi penutupan.

 

Perkembangan zaman yang tidak terelakkan membawa dampak perubahan dalam sektor pendidikan bahasa. Dalam upaya mengimbangi perkembangannya, SEAQIL melaksanakan Pelatihan Kecakapan Abad Ke-21 untuk Guru Bahasa. Setelah sepuluh hari pelatihan, para peserta siap untuk saling berbagi pengetahuan dan turut memajukan mutu guru bahasa lainnya.

SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) telah melaksanakan Pelatihan Kecakapan Abad Ke-21 untuk Guru Bahasa pada 7—18 Juni 2021 dengan menggunakan moda daring. Selama sepuluh hari pelatihan, 100 guru bahasa peserta pelatihan telah mendapatkan 41 jam pelajaran pematerian dan juga 32 jam pelajaran tugas mandiri dengan fokus materi pembelajaran dan penilaian yang dapat memfasilitasi pengembangan kecakapan abad ke-21. Para peserta pelatihan kini telah siap untuk mendiseminasikan pengetahuannya mengenai kecakapan abad-21 yang didapat pada target audiens lainnya.

Dalam penutupan pelatihan, Deputi Direktur Program SEAQIL, Esra Nelvi M. Siagian, kembali mengingatkan bahwa salah satu tujuan utama dari pelatihan ini adalah memfasilitasi guru-guru bahasa agar memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai kecakapan abad-21 dan pengembangannya melalui pembelajaran bahasa. Beliau kemudian menambahkan bahwa melalui respon dan partisipasi aktif para peserta, tujuan utama pelatihan sudah tercapai. “Bapak dan Ibu guru peserta pelatihan telah mencapai tujuan dari pelatihan, yakni memahami konsep kecapakapan abad-21 dalam bidang bahasa, desain-desain pemelajaran, serta penilaian abad-21,” ujar Esra Nelvi.

Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 3 Maluku Tenggara, Martina Wulandari, kemudian menyampaikan kesannya selama sepuluh hari pelatihan. Martina memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi seluruh pengajar dan peserta telaten nan professional yang telah berkomitmen untuk aktif berpartisipasi dan berbagi. Hal serupa turut dibagikan oleh guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 7 Binjai, Muhammad Hasan Nasution, yang menyatakan bahwa pelatihan purna waktu ini seperti candu pelatihan yang baik. SEAQIL telah membantu guru-guru untuk dapat mengimbangi pesatnya perkembangan pengetahuan.

Adapun salah satu tindak lanjut dari pelaksanaan Pelatihan Kecakapan Abad-21 adalah diseminasi informasi yang didapat melalui pelatihan oleh para peserta ke komunitas guru bahasa di sekitarnya. SEAQIL membuka informasi ataupun jejaring bagi peserta pelatihan yang memiliki minat untuk berbagi pengetahuan. Untuk beberapa wilayah yang telah bekerja sama dengan SEAQIL, seperti Nusa Tenggara Timur, upaya berbagi dapat diawali dengan berkoordinasi pada Dinas Pendidikan Provinsi setempat. Di akhir kegiatan, para peserta menyatakan siap untuk berbagi, baik secara mandiri ataupun dengan dukungan SEAQIL, akan pengetahuan yang sudah didapat pada forum masing-masing.

 

Tentang SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL)

SEAMEO Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Language (SEAQIL) merupakan salah satu pusat regional dari The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) atau Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara. Di Indonesia, SEAQIL berada di bawah koordinasi Kemendikbud dan berfokus pada pengembangan kualitas guru bahasa (Bahasa Indonesia sebagai Penutur Asing (BIPA), Arab, Jepang, Jerman, dan Mandarin) serta tenaga kependidikan melalui pelatihan, seminar, lokakarya, dan pelayanan lainnya.

 

Narahubung:
Farrah Halimatussadyah (+62)895-4120-42002
Divisi Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
SEAMEO QITEP in Language
Jalan Gardu, Srengseng Sawah, Jagakarsa
Jakarta Selatan, Jakarta 12640
INDONESIA
 

Telepon: 021 78884106
Pos-el: ppr@qiteplanguage.org
Laman: qitepinlanguage.org

Twitter: QITEPinLanguage
Instagram: qitepinlanguage
Facebook: qiteplanguage
YouTube: SEAMEO QITEP in Language

×