Semangat Kembangkan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Arab Saudi

 

Deputi Direktur Program SEAQIL, Esra Nelvi M. Siagian (kanan), dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia Jeddah, Eko Hartono (kiri) pada Penutupan Pelatihan Pengembangan Mutu Pembelajaran Kursus Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Arab Saudi.

Pelatihan Pengembangan Mutu Pembelajaran Kursus Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Arab Saudi yang dilakukan atas kerja sama antara SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan Riyadh, Arab Saudi resmi ditutup pada Minggu (27/06). Pelatihan selama empat hari ini diakhiri sesi evaluasi program yang dipandu oleh Deputi Direktur Program SEAQIL, Esra Nelvi M. Siagian, dan ditutup secara resmi oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia untuk Jeddah, Eko Hartono.

Dalam evaluasi program, Esra Nelvi menyampaikan bahwa SEAQIL mendukung penyelenggaraan kegiatan lainnya guna meningkatkan kapasitas pengajar BIPA di Arab Saudi. Kegiatan dapat berupa pendampingan pengembangan bahan ajar, penelitian, ataupun kegiatan bersama lainnya. Hal tersebut dijelaskan setelah para peserta menyampaikan harapan akan adanya keberlanjutan ataupun kegiatan serupa lainnya guna meningkatkan kompetensi pengajar BIPA di Arab Saudi. Sinsin Rosyidin, salah satu tutor BIPA di Arab Saudi, menyatakan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran BIPA di Arab Saudi selama ini banyaknya berfokus pada penggunaan buku atau modul. Melalui pelatihan yang diberikan, kini Ia optimis bahwa para pengajar dapat lebih mengembangkan rencana dan bahan ajar BIPA dengan lebih kontekstual.

Selanjutnya, Eko Hartono menuturkan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya pelatihan BIPA di Arab Saudi. Menurutnya, BIPA turut menjadi perhatian Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, tepatnya Penerangan Sosial dan Budaya (Pensosbud) karena Bahasa Indonesia yang merupakan bagian dari diplomasi kebudayaan Indonesia perlu lebih dipromosikan. . Beliau merangkul semua pihak untuk mempromosikan budaya dan bahasa Indonesia diluar negeri, salah satunya melalui pembelajaran BIPA. Pelatihan ini terbukti menjadi sarana dalam pengembangan mutu pengajar BIPA di Arab Saudi baik secara pedagogis maupun sosial budaya.

×