SEAQIL sempurnakan makalah AISOFOL ke 13

SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) menyelenggarakan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Penyempurnaan Makalah AISOFOLL ke-13 secara daring pada Senin [11/7]. DKT ini bertujuan untuk menyempurnakan makalah yang akan dipresentasikan pada AISOFOLL ke-13.

Deputi Direktur Program, Esra Nelvi M. Siagian menjelaskan bahwa AISOFOLL merupakan sebuah forum bagi pendidik, praktisi, pengamat, dan peneliti bidang bahasa untuk berbagi hasil penelitian atau praktik baik terkait tren pendidikan bahasa. Selain itu, Esra menjelaskan, AISOFOLL juga bertujuan menjadi wadah bagi pengajar bahasa untuk melakukan simposium penelitian dan meningkatkan kemampuan menulis ilmiah.

Esra menginformasikan bahwa AISOFOLL ke 13 menghadirkan tujuh pembicara kunci yang berasal dari Indonesia, UK, dan USA. Esra juga mengungkapkan bahwa ada 17 makalah yang layak dipresentasikan di AISOFOLL ke-13. Makalah tersebut mengusung lima subtema, yakni a) Pendekatan, Metode, dan Strategi Pengajaran Bahasa di Masa Kini; b) Cara Baru Menggunakan Media dalam Pengajaran Bahasa, c) Kebaruan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa, d) Perkembangan Asesmen di Era Maju, dan e) Kecenderungan Wacana Kelas Saat Ini dan Strategi untuk Menghadapinya. Esra juga menerangkan bahwa para pemakalah berasal dari Indonesia dal Filipina dengan fokus bahasa Indonesia, Inggris, dan Jerman.

Dalam DKT ini, SEAQIL melibatkan dua akademisi dari Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Pendidikan Indonesia sebagai pengulas. Para pengulas turut aktif memberikan masukan guna menyempurnakan kualitas tulisan para pemakalah AISOFOLL ke-13. Para pengulas sepakat bahwa penelitian yang telah dilakukan sudah layak dan berpotensi untuk disempurnakan, khususnya dalam penguatan signifikansi penelitian, metode penelitian, dan kajian pustaka.

AISOFOLL merupakan forum bagi pendidik, praktisi, dan peneliti untuk berbagi hasil penelitian dan praktik baiknya mengenai isu dan tren dalam pengajaran bahasa. Dalam simposium, para pemakalah akan mempresentasikan hasil penelitiannya. Informasi lengkap mengenai AISOFOLL dapat dilihat di www.aisofoll.qiteplanguage.org. (/MR)

×