SEAQIL seleksi makalah AISOFOLL ke 13

Esra Nelvi M. Siagian menyampaikan pembukaan dan pemaparan mengenai DKT penyeleksian makalah AISOFOLL ke-13

SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) menyelenggarakan diskusi kelompok terpumpun (DKT) Penyeleksian Makalah AISOFOLL ke-13 pada Senin (27/6) melalui Zoom. Diskusi penyeleksian makalah ini mengundang dua orang tim penyeleksi makalah yang merupakan dosen dari perguruan tinggi mitra SEAQIL, yaitu Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Negeri Jakarta.

Acara dibuka dengan paparan dari Esra Nelvi M. Siagian, M.M., M.Ed. selaku Deputi Direktur Program SEAQIL. Esra memaparkan bahwa tujuan dari DKT penyeleksian makalah ini adalah untuk memastikan kesesuaian makalah-makalah dengan kriteria yang telah ditentukan untuk nantinya layak dipresentasikan pada AISOFOLL ke-13. Esra menyampaikan AISOFOLL ke-13 telah menerima makalah dari dua negara yaitu Indonesia dan Filipina. Esra lalu menginformasikan bahwa makalah-makalah pada AISOFOLL diterbitkan dalam prosiding ber-ISSN dan berharap kedepannya prosiding tersebut dapat terindeks Scopus.


DKT Penyeleksian Makalah AISOFOLL ke-13 diikuti oleh Deputi Direktur Program SEAQIL, Tim Penyeleksi, dan Tim SEAQIL.

Sebelum masuk pada tahap seleksi, tim penyeleksi menyampaikan bahwa makalah yang masuk sudah cukup baik dan memiliki keragaman inovasi dan ide-ide yang menarik. Tim penyeleksi kemudian mengungkapkan pentingnya seorang peneliti untuk memaparkan hasil dan metodologi penelitian yang digunakan secara mendalam dan terurai. Selain itu, penting bagi peneliti untuk memberikan penjelasan yang sesuai dengan isi penelitian dalam judul penelitian yang dibahas. Setelahnya, tim penyeleksi mengusulkan adanya bimbingan atau diskusi lebih lanjut dengan penulis makalah mengenai penyempurnaan makalah yang masih dapat diperbaiki sebelum dipresentasikan pada AISOFOLL ke-13.

SEAQIL selalu mendukung kemajuan penelitian dalam bidang pendidikan termasuk salah satunya dengan menfasilitasi forum penelitian melalui AISOFOLL. AISOFOLL merupakan forum bagi pendidik, praktisi, dan peneliti untuk berbagi hasil penelitian dan praktik baiknya mengenai isu dan tren dalam pengajaran bahasa. Dalam simposium, para peneliti terpilih akan mempresentasikan hasil penelitiannya pada sesi paralel. Informasi lengkap mengenai AISOFOLL dapat dilihat di www.aisofoll.qiteplanguage.org

×