SEAQIL mengajak pengajar bahasa untuk merancang pembelajaran yang merdeka dengan CP TP ATP

SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) menayangkan SEAQIL Vodcast Live (SVL) episode 17 pada Selasa (27/9) melalui kanal YouTube Zoom dan SEAQIL. Sebagai episode kedua pada SVL Seri Merdeka Belajar Melalui Pembelajaran Bahasa, SEAQIL menghadirkan Irmayanti Nugraha dari Yayasan Perguruan An-Nurmaniyah Tangerang dan Meyrinda Tobing sebagai pewara untuk membahas cara penyusunan capaian pembelajaran (CP), tujuan pembelajaran (TP), dan alur tujuan pembelajaran (ATP) untuk mata pelajaran bahasa.

Membuka sesi pembahasan topik pada episode kali ini, Irmayanti menyampaikan, “Sangat penting untuk kita (pengajar), membaca dokumen resminya secara langsung. Kita juga perlu memahami prinsip-prinsip sebelum masuk ke tataran teknis.” Irmayanti berpendapat bahwa hal ini penting sehingga para pengajar tidak terjebak pada hal-hal administratif, tetapi menjadikan hal tersebut sebagai cara bagi para pengajar untuk menerapkan pendidikan yang memerdekakan.

Lebih lanjut, Irmayanti menjelaskan bahwa untuk mencapai CP, pengajar harus mengidentifikasi kompetensi dan ruang lingkup materi. Setelah proses tersebut tercapai, pengajar kemudian dapat merumuskan TP. Irmayanti kemudian menekankan bahwa perumusan TP perlu dibagi menjadi beberapa tahapan dan disusun untuk memahami kebutuhan murid. 

Menjawab pertanyaan dari pewara, Irmayanti mengatakan bahwa dengan kebebasan penyusunan ATP pada kurikulum merdeka, para pengajar mendapatkan kesempatan lebih besar untuk menyusun urutan pembelajaran secara lebih fleksibel menurut CP dan TP yang sudah ada, sehingga memungkinkan mereka untuk menyesuaikan kebutuhan murid dalam proses pembelajaran.

Menutup sesi bincang-bincang santai pada episode kali ini, Irmayanti memberikan kesimpulan, “Menyusun ATP adalah cara pertama kita untuk pembelajaran yang memerdekakan, sehingga perlu sekali untuk kembali melihat kebutuhan murid dan lingkungan untuk menyusun ATP yang mengakomodasi murid-murid kita.”

SEAQIL Vodcast Live merupakan program peningkatan kompetensi guru yang inovatif dan dikemas dalam bentuk bincang santai. Tayang rutin setiap hari Selasa (minggu ke-2 dan ke-4 setiap bulannya) pukul 15.00—16.00 WIB. Tiap episode mengangkat tema yang berbeda terkait pengajaran bahasa. Informasi episode SEAQIL Vodcast Live selanjutnya dapat diakses melalui laman dan media sosial SEAQIL. SEAQIL Vodcast Live episode 17 kini sudah dapat ditonton ulang melalui kanal YouTube SEAMEO QITEP in Language.

×