SEAQIL berbagi keseruan di pameran SPW 2021

SEAMEO QITEP in Language berpartisipasi dalam pameran SMK Pencetak Wirausaha (SWP) 2021 [30/11]. Dalam pameran ini SEAQIL melakukan promosi program dan produk. Selain itu, SEAQIL juga membangun jejaring dengan pemangku kepentingan yang hadir dan/atau berpartisipasi dalam pameran.

Program SEAQIL yang mendapatkan antusiasme tinggi dari para guru SMK diantaranya program pelatihan guru. Selain itu, guru-guru SMK juga sangat antusiasme dalam program Klub Virtual Mandarin dan Klub Literasi Sekolah. Untuk bentuk dukungan SEAQIL yang dapat diakses oleh guru-guru, tidak sedikit sekolah yang mencoba menjajaki potensi kerja sama di lokasi pameran dan berharap melakukan tindak lanjut secara formal melalui MGMP di daerah asal mereka.

Terkait produk, SEAQIL memamerkan produk-produk pembelajaran bagi guru, seperti toolkit modul pembelajaran bahasa berorientasi Higher-Order Thinking Skills (HOTS) untuk guru jenjang SMA/SMK. Modul tersebut membahas pemanfaatan strategi bertanya dalam pembelajaran bahasa untuk mengasah keterampilan berpikir siswa. Ada juga produk SEAQIL untuk guru jenjang SMP dan SD, yakni Modul Mandiri Pengajaran Bahasa Berbasis HOTS Jenjang Sekolah Menengah Pertama dan Panduan Pembelajaran Tematik Integratif Jenjang Sekolah Dasar. Selain itu, SEAQIL juga memproduksi video publikasi berupa video pembelajaran, video animasi, dan video podcast. Semua produk dan publikasi SEAQIL dapat diunduh secara gratis di www.qiteplanguage.org.

Dalam setiap pameran, SEAQIL juga menghadirkan keseruan melalui permainan edukatif seperti permainan padanan kata, tebak kata baku, dan tebak gambar (berkaitan dengan bahasa yang menjadi tupoksi SEAQIL). Selain terlibat dalam permainan edukatif, SEAQIL juga mengajak para pengunjung, khususnya guru, untuk menulis artikel opini ilmiah populer di majalah LINGO dan mengikuti media sosial SEAQIL untuk mendapatkan informasi terkini mengenai program dan aktivitas SEAQIL.

Pameran SPW 2021 juga dihadiri langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. yang juga berkeliling di booth pameran. Wikan juga meramaikan suasana dengan menunjukkan kepiawaian dalam bermain kibor mengiringi grup musik SMK yang menjadi suguhan dalam kegiatan. 

Dalam pameran ini, SEAQIL tidak hadir sendirian. SEAMEO Centre di Indonesia yang turut memeriahkan pameran, yakni BIOTROP, SEAMOLEC, dan SEAQIS. Melalui berbagai program dan produk unggulan Centre masing-masing, tentunya guru-guru SMK di Indonesia dapat mengenal program dan aktivitas SEAMEO lebih dekat. Bagi SEAQIL, mengikuti pameran merupakan salah satu upaya untuk dapat berjumpa secara langsung dengan para pemangku kepentingan di sektor pendidikan, khususnya mereka yang berkecimpung dalam pemajuan pendidikan bahasa, baik di Indonesia maupun di Asia Tenggara.

Bagi institusi/lembaga yang ingin menjajaki kerja sama dengan SEAQIL, termasuk potensi pelibatan dalam pameran dan/atau publikasi bersama, dapat menghubungi SEAQIL melalui ppr@qiteplanguage.org

×