SEAQIL Tingkatkan Kompetensi Para Mahasiswa Magang melalui Pelaksanaan Pelatihan

SEAQIL Tingkatkan Kompetensi Para Mahasiswa Magang melalui Pelaksanaan Pelatihan

Jakarta - SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) menyelenggarakan Pelatihan Hybrid Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Magang dengan moda campuran pada 1 dan 4 Desember 2023 di Gedung H.B Jassin, Jakarta Selatan dan melalui platform Zoom.

Penyelenggaraan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan soft skill dan hard skill para mahasiswa magang, agar mampu berkontribusi dalam pengembangan pendidikan dan keahlian bahasa. Peserta diberikan kesempatan untuk mempelajari materi relevan dari narasumber ahli, melibatkan topik seperti pemuda maju bangsa sejahtera, pengelolaan publikasi/government public relations, jurnalistik, penyuntingan karya literasi, pengembangan konten kreatif, dan implementasi media grafis.

Dalam sambutannya, Kepala Program Magang dan Studi Independen (MSIB), Dr.Wahyu Hari Haji, menyampaikan, “Soft Skill merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan di dunia kerja, maka dari itu kegiatan pelatihan ini akan membawa Anda untuk bisa siap di masa yang akan datang.”

Selanjutnya, Deputi Direktur Administrasi SEAQIL dan penanggung jawab kegiatan MSIB V SEAQIL, Misbah Fikrianto, menyampaikan harapannya bahwa melalui kegiatan pelatihan ini, soft skill yang diperoleh para mahasiswa magang dapat dijadikan sebagai modal utama untuk menghadapi tantangan di dunia kerja.

Ketua Pelaksana Pelatihan, M. Ryan Firmansyah, menyampaikan, “Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan kolaborasi SEAMEO QITEP in Language dengan para mahasiswa magang yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa di dunia kerja melalui pemaparan materi menarik yang akan dibawakan oleh para pengajar yang berasal dari SEAMEO QITEP In Language, Rakyat Merdeka, Universitas Islam Malang, Universitas Pendidikan Indonesia, Politeknik Negeri Jakarta, dan Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.” ucapnya.

Metode pembelajaran melibatkan paparan materi, diskusi forum, dan penugasan, menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan mendalam. Di akhir pelatihan, mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan satu proyek publikasi secara berkelompok. Melalui inisiatif ini, SEAQIL terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan pendidikan dan pembinaan para mahasiswa.

SEAQIL berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan para mahasiswa magang untuk bersaing di dunia kerja. Dengan demikian, SEAQIL berperan aktif dalam mengembangkan kompetensi mahasiswa magang, menciptakan lulusan yang siap menghadapi tantangan di dunia kerja, terutama di bidang pendidikan dan bahasa.

(Penulis: Chisty Aulia & Shahnaz Zavira W /Editor: Qisty Meisya N, M.Masrur Ridwan)

×