SEAQIL Bersama Pakar BIPA dan Kurikulum Lakukan Finalisasi Standar Kompetensi Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing

Standar Kompetensi Pengajar (SKP) Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) telah sampai pada tahap akhir penyusunan setelah beberapa bulan melewati proses pengembangan, perbaikan, hingga penyempurnaan. Dalam upaya menyelesaikan penyusunannya, SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) menyelenggarakan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Finalisasi SKP BIPA secara daring pada Kamis (25/11). SEAQIL mengundang tim konseptor SKP yang merupakan pakar BIPA dari perguruan tinggi dan lembaga bahasa di Indonesia serta pakar kurikulum dari Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbudristek pada DKT ini.

DKT Finalisasi SKP BIPA dihadiri tim konseptor yang terdiri atas Dr. Felicia N. Utorodewo (Ketua Tim); Rahmi Yulia Ningsih (Universitas Bina Nusantara Jakarta); Nyoman Riasa (APBIPA Bali); Rosida Erowati, (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah); Agus Soehardjono (Wisma Bahasa Yogyakarta); Paulina Chandrasari Kusuma (Universitas Atma Jaya); Dr. Siti Isnaniah (Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta); dan Sri Ningsih (Puri Bahasa Yogyakarta) serta pakar kurikulum, yakni M. Yusri Saad (Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbudristek).

Mewakili Direktur SEAQIL, Deputi Direktur Administrasi SEAQIL, Dr. Misbah Fikrianto, mengungkapkan rasa terima kasih pada tim konseptor yang sejak awal tahun telah berkomitmen membantu menyusun dan mendiseminasikan SKP BIPA. Lebih lanjut, Misbah menuturkan ulang tujuan dari penyusunan SKP BIPA, “SEAQIL berkomitmen untuk menyusun SKP ini sebagai upaya untuk membuat program BIPA menjadi lebih standar, profesional dan segala komponen yang dibutuhkan dapat berlaku dengan baik.”

Deputi Direktur Program, Esra Nelvi M. Siagian, kemudian menjelaskan dengan ringkas berbagai upaya yang telah dilakukan untuk memfinalkan SKP BIPA, mulai dari DKT penyusunan tahap 1, tahap 2, tahap 3, tahap sinkronisasi, hingga diseminasi di tiga kota, yaitu Yogyakarta, Denpasar, dan Malang. Beliau menyampaikan bahwa masukan-masukan membangun yang didapat dari berbagai pihak terlibat, seperti pengajar, pemerhati, penggiat, dan pemangku kepentingan BIPA saat proses diseminasi turut menjadi agenda diskusi tahap finalisasi.

Para pakar BIPA dan kurikulum yang merupakan tim konseptor SKP BIPA berfoto bersama pada akhir sesi diskusi dengan tim SEAQIL.

Naskah akademik standar kompetensi pada tahap finalisasi masih dibagi berdasarkan penyusunan awal, yakni Standar Kompetensi Pedagogis, Standar Kompetensi Profesional, Standar Kompetensi Kepribadian dan Sosial, Serta Wawasan Ke-Indonesia-an dan Lintas Budaya. Pada tahap finalisasi, pokok bahasan diskusi para pakar secara umum berfokus pada dua hal, yakni masukan atau saran hasil diseminasi serta penyesuaian kata kerja operasional sesuai dengan konteks di setiap standar kompetensi. SEAQIL dan tim konseptor berharap naskah final SKP BIPA dapat diadaptasi dan diimplementasi, baik untuk SEAQIL ataupun instansi luar sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

×