SEAMEO Congress 2021: Transformasi Pendidikan, Sains, dan Budaya di Asia Tengggara Pada Era Digital

SEAMEO Congress 2021: Transformasi Pendidikan, Sains, dan Budaya di Asia Tengggara Pada Era Digital 

 

Direktur SEAQIL, Dr Luh Anik Mayani, membagikan pandangannya terhadap tema ‘Transforming Southeast Asian Education, Science and Culture in the Digital Age’ di SEAMEO Congress 2021 yang dilaksanakan pada Rabu, 28 April 2021 secara virtual. Dr Luh Anik Mayani memaparkan berbagai perubahan dan tantangan yang dialami guru dan siswa selama pandemi, khususnya dalam pembelajaran bahasa secara daring.

Luh Anik menjelaskan ‘tekanan’ yang muncul ketika mengaplikasikan pembelajaran daring justru menciptakan suatu kesempatan bagi guru untuk mengembangkan keterampilannya dalam memanfaatkan teknologi. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran bahasa pun hendaknya diaplikasikan secara konsisten tidak hanya saat pandemi, mengingat kita telah memasuki era digital.

Sebagai suatu pusat pelatihan, SEAQIL akan senantiasa memenuhi kebutuhan guru untuk dapat beradaptasi di era digital. Luh Anik berharap transformasi program pelatihan ini tidak hanya bermanfaat bagi guru bahasa, tetapi juga bagi siswa dalam pembelajaran bahasa.

×