SEAMEO Centre di Indonesia Targetkan Perluasan Jejaring Kerja Sama

Staf kehumasan dan kerja sama dari tujuh SEAMEO Centre di Indonesia berkumpul dan berkomitmen dalam meningkatkan jejaring kerja sama dengan media dan BUMN (18/5). Ini merupakan tindak lanjut pelaksanaan Pelatihan Kehumasan dan Kerja Sama yang diselenggarakan SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) pada 31 Maret s.d. 1 April 2021.

Pada 17—18 Mei 2021 staf dari tujuh SEAMEO Centre di Indonesia (BIOTROP, CECCEP, RECFON, SEAMOLEC, SEAQIL, SEAQIM, dan SEAQIS), guru pendamping Klub Literasi Sekolah (KLS), serta staf magang SEAQIL berkumpul kembali dalam Pelatihan Kehumasan dan Kerja Sama (lanjutan). Kegiatan yang dilaksanakan dengan moda blended (luring dan daring) menghadirkan para narasumber dan ahli, yaitu Wisnu Nugroho selaku Pimpinan Redaksi Kompas.com, Rika Irdayanti dari Biro Hukum Kemdikbudristek, Adeh dari BNI, serta Anggie Lollita dari Bank Mandiri.

Direktur SEAQIL, Dr. Luh Anik Mayani, mengatakan sesi pelatihan ini dimaksudkan agar SEAMEO Centres Indonesia dapat lebih memahami bagaimana cara menulis siaran pers yang baik, serta mendapat strategi yang tepat untuk meningkatkan branding kepada penerima manfaat (pihak eksternal). “Seringkali sebuah pihak tertutupi oleh pihak lainnya yang memiliki dan menjalankan visi misi serupa dikarenakan lemahnya branding. Peningkatan branding ini dapat diusahakan salah satunya melalui perluasan kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai pihak” ujar Luh Anik.

Sejalan dengan pernyataan tersebut, Direktur Administrasi SEAQIL, Dr. Misbah Fikrianto, mengatakan SEAMEO Centre di Indonesia hendaknya melakukan kolaborasi bersama mengangkat suatu tema pendidikan relevan dengan ketujuh Centre. Dalam hal ini, beliau menyarankan kolaborasi dengan mengangkat isu literasi di era Society 5.0. “Enam klasifikasi literasi yang ada di era Society 5.0 sejalan dengan fokus gerakan ketujuh Centre yang ada di Indonesia. Ini merupakan peluang untuk melakukan kolaborasi kampanye literasi atas nama SEAMEO Centre di Indonesia. Kolaborasi ini dapat pula diwujudkan dengan melakukan kerja sama media untuk menyosialisasikan kegiatan kampanye sekaligus untuk meningkatkan branding dan memperluas network,” ujar Misbah.

Wisnu Nugroho membagikan pandangannya mengenai peliputan dan penulisan siaran pers di pemerintahan.

Pimpinan Redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho, membagikan hal penting mengenai praktik peliputan dan penulisan pers dalam pemerintahan. Wisnu menekankan pentingnya memberitakan kebenaran dengan menghindari klaim dan opini pada siaran pers. Dalam sesi lain, Kepala Subbagian Peraturan Perundang-undangan Biro Hukum Kemdikbudristek, Rika Irdayanti, menjelaskan praktik pengembangan naskah kerja sama SEAMEO Centre di Indonesia. Menurut Rika, naskah yang ditulis dengan baik dan sesuai prosedur merupakan langkah awal peningkatan mutu kerja sama. Narasumber lainnya, Adeh dari BNI dan Anggie Lollita dari Bank Mandiri turut membahas terkait potensi kerja sama dengan SEAMEO Centre di Indonesia. Keempatnya pun menyambut baik keinginan SEAMEO Centre di Indonesia untuk menjalin kerja sama dengan media nasional maupun BUMN.

 

Narahubung:
Farrah Halimatussadyah (+62) 895 4120 42002
Divisi Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
SEAMEO QITEP in Language
Jalan Gardu, Srengseng Sawah, Jagakarsa
Jakarta Selatan, Jakarta 12640
INDONESIA

Telepon: 021 78884106
Pos-el: info@qiteplanguage.org
Laman: qitepinlanguage.org

Twitter: QITEPinLanguage
Instagram: qitepinlanguage
Facebook: qiteplanguage
YouTube: SEAMEO QITEP in Language

×