Pertandingan Persahabatan antar SCI 2023:  Tingkatkan Rasa Kekeluargaan antar SEAMEO Centre di Indonesia

Pertandingan Persahabatan antar SCI 2023:
Tingkatkan Rasa Kekeluargaan antar SEAMEO Centre di Indonesia

SEAMEO CECCEP (Center for Early Childhood Care Education and Parenting) turut menjadi tuan rumah atas Pertandingan Persahabatan antar SEAMEO Centre Indonesia (SCI) pada 7 hingga 9 September 2023. Adapun pertandingan yang diselenggarakan yaitu pertandingan bulu tangkis ganda putra dan putri yang diselenggarakan di GOR Abadi Cilimus, Bandung dan pertandingan futsal putra dan putri diselenggarakan di Sampoerna Sports Club, Bandung.

Badminton Ganda Putra RECFON VS SEAQIL, Badminton Ganda Putri SEAQIS VS SEAQIL

Futsal Putri SEAQIS VS SEAQIL, Futsal Putra SEAQIL VS CECCEP

Kegiatan Pertandingan Persahabatan antar SCI ini diikuti oleh ketujuh SEAMEO Centre di Indonesia, SEAMEO CECCEP, SEAMEO BIOTROP, SEAMEO RECFON, SEAMEO SEAMOLEC, SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL), SEAMEO QITEP in Mathematics (SEAQIM), dan SEAMEO QITEP in Science (SEAQIS).

Technical Meeting dilakukan untuk menjelaskan teknis pertandingan, menentukan urutan pertandingan, dan jadwal pertandingan dari masing-masing tim. Pertemuan pada technical meeting menghasilkan keputusan pertandingan bulu tangkis ganda putra dan putri dilakukan dengan sistem gugur dan rally point dan pertandingan futsal putri yang diikuti sebanyak 4 tim akan dilakukan dengan sistem bertemu dengan waktu pertandingan selama 15 menit. Berbeda dengan pertandingan futsal putri, pertandingan futsal putra dilakukan dengan sistem grup dengan waktu 30 menit. Grup A terdiri dari tim SEAMEO CECCEP, SEAMEO SEAMOLEC, dan SEAQIS. Sedangkan Grup B terdiri dari tim SEAMEO BIOTROP, SEAMEO RECFON, dan SEAQIL.

Upacara pembukaan dimulai pada 8 September 2023 pukul 08.00 dan bertempat di GOR Abadi Cilimus, Bandung. Direktur SEAMEO CECCEP, Prof. Vina Adriany, Ph.D., menyambut baik para kontingen dari masing-masing centre dan membuka secara resmi Pertandingan Persahabatan antar SCI. Selanjutnya, agar tubuh para pemain tidak terasa kaku saat pertandingan, seluruh kontingen memulai senam yang dipimpin oleh Deputi Direktur Administrasi SEAMEO CECCEP, Dr. Elis Rosdiawati, M.Pd.

Selanjutnya, pertandingan resmi dimulai dengan pertandingan bulu tangkis pada pukul 08.30 hingga selesai. Sementara itu, untuk pertandingan futsal, diawali dengan pertandingan futsal putri dimulai pukul 09.30 hingga 13.30 dan dilanjutkan dengan pertandingan futsal putra pukul 14.00 WIB hingga keesokan harinya untuk pertandingan semi final dan final pada 9 September 2023.

Dalam pertandingan persahabatan ini, SEAQIL berhasil menaklukan tim bulu tangkis ganda putri SEAQIS dan meraih juara-1. Sedangkan pada pertandingan futsal putri, SEAQIL berhasil menaklukan tim futsal putri dari SEAMEO BIOTROP dan meraih juara ke-2 setelah SEAQIS.

×