Perpisahan dan Sambutan Deputi Direktur Administrasi Baru SEAQIL

SEAQIL menyambut Deputi Direktur Administrasi yang baru periode 2021−2023, Dr. Misbah Fikrianto. Pada kesempatan ini, SEAQIL ingin menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Dr. Sumharmoko atas dedikasi dan kontribusi Beliau yang besar sebagai Deputi Direktur Administrasi SEAQIL periode 2018−2020. Lebih lanjut, SEAQIL menyelenggarakan prosesi serah terima jabatan tersebut yang sekaligus menandai kepemimpinan baru dalam Dewan Direksi SEAQIL.

Dr. Sumharmoko secara resmi mengakhiri masa jabatannya sebagai DDA pada 31 Desember 2020. Pak Moko, panggilan akrab Beliau, bukan hanya seorang pemimpin, tetapi juga seorang mentor yang mengajarkan tentang pengembangan keterampilan kepemimpinan dengan belajar dari orang lain. Selama periode yang diberikan, beliau berhasil meningkatkan sistem administrasi pemerintahan yang ada di SEAQIL.

Pada sambutan terakhirnya dalam penyelesaian tugasnya, beliau mengatakan, “Terima kasih atas kesempatan bergabung dengan SEAMEO QITEP in Language dan semoga dengan keberadaan SDM saat ini, SEAQIL dapat mewujudkan visi dan misi nya yang merupakan harapan Kementerian Pendidikan (di Asia Tenggara).”

Direktur SEAQIL (kiri) memberikan publikasi terbaru SEAQIL pada DDA SEAQIL tahun 2018–2020 (kanan)

Dr. Misbah Fikrianto adalah pelatih, motivator, dan pendidik kompeten dengan 12 tahun pengalaman di sektor pemerintahan. Sebelum bergabung dengan SEAQIL, beliau menjadi bagian dari Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia dan berkontribusi sebagai Koordinator Program Pelajar Berprestasi Pendidikan Tinggi dan Pendidikan Luar Biasa.

Beliau menempuh pendidikan tinggi bidang Teknologi Pendidikan dan Pengembangan Kurikulum (S1/Universitas Negeri Jakarta), Strategi Kepemimpinan (S2/Universitas Indonesia) dan Manajemen Sumber Daya Manusia (S2/STIE Trianandra) dan Pengembangan Teknologi Pendidikan (S3/Universitas Negeri Jakarta). Seiring dengan pendidikannya, beliau aktif menerbitkan enam buku dengan topik bervariasi mengenai pemuda, kewirausahaan, hingga praktik pendidikan.

Dalam acara serah terima jabatan, beliau menyatakan bahwa tiga tahun itu cepat untuk mengabdi dan memberi manfaat. Maka dari itu mari bersama-sama kedepannya menjadi tim yang solid, bisa saling menghargai, memahami dan menerima perbedaan. Ambil hal positif dan perbaiki yang kurangnya.

Direktur SEAQIL (kiri) secara simbolis menyambut DDA baru SEAQIL untuk tahun 2021–2023 (kanan)

Bersamaan dengan pengalamannya yang berlimpah, SEAQIL berharap kehadiran Dr. Misbah Fikrianto dapat membawa perspektif dan perubahan baru yang sejalan dengan visi dan misi SEAQIL. Sekali lagi, SEAQIL menyampaikan rasa hormat, terima kasih, serta berharap yang terbaik untuk Dr. Sumharmoko di mana pun berada.

×