Penandatanganan Nota Kesepahaman antara SEAQIL dan Universitas Pamulang

SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) dan Universitas Pamulang (UNPAM) menjalin kerja sama dalam peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia serta pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi yang meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 

Penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding atau MoU) tersebut dilakukan secara daring oleh Dr. Luh Anik Mayani, M.Hum. selaku Direktur SEAQIL dengan Dr. E. Nurzaman AM, M.M., M.Si. selaku Rektor UNPAM pada Rabu [25/08].

Nota kesepahaman ini, sebagaimana disampaikan oleh Nurzaman, merupakan bentuk komitmen kedua belah pihak dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kedua belah pihak dapat bekerja sama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, salah satunya melalui bahasa. Nurzaman berharap bahwa UNPAM dan SEAQIL dapat segera mewujudkan kerja sama untuk jangka pendek ini melalui program yang kerja yang sederhana tetapi aplikatif untuk dapat dilakukan dua belah pihak. Lebih lanjut, ditambahkan oleh Nurzaman bahwa kerja sama dengan SEAQIL diharapkan dapat mendukung program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) serta program lain yang bermanfaat bagi kedua belah pihak. 

Dr. Luh Anik, Direktur SEAQIL, dalam sambutan balasan menyampaikan harapannya bahwa kerja sama SEAQIL dan UNPAM yang sudah terjalin baik akan semakin luas ruang lingkupnya. Dengan kata lain, lingkup kerja sama dengan UNPAM tidak hanya terbatas hanya dalam pertukaran keahlian tetapi bisa mencangkup lingkup yang lebih luas lagi.  Lebih lanjut, beliau menyampaikan bahwa program Klub Literasi Sekolah, program SEAQIL untuk mendukung peningkatan kemampuan literasi dan program MBKM, akan dijadikan sebagai salah satu program unggulan SEAQIL yang akan dikembangkan lebih luas lagi di kawasan Asia Tenggara. Direktur berharap UNPAM nantinya dapat turut serta dalam program KLS dan ikut berkontribusi dalam memperkuat peran Indonesia di kawasan Asia Tenggara.

Implementasi dari nota kesepahaman ini, seperti yang disampaikan oleh Wakil Rektor IV UNPAM, Dr. RR. Dewi Anggraini, S.H., M.H., akan diawali dengan program kerja sama antara Program Studi Bahasa Inggris Fakultas Sastra UNPAM dan SEAQIL dan diharapkan nanti akan diikuti program studi yang lain.

×