Kunjungan Resmi Menteri Pendidikan Singapura ke 7 SEAMEO Centre Indonesia

Jakarta, 18 Oktober 2022 – Menteri Pendidikan Singapura, Mr. Chan Chun Sing, melakukan lawatan ke Indonesia yang merupakan bagian dari tugas jabatannya sebagai Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Council President. Kunjungan terakhir yang dilakukan oleh SEAMEO Council President ke Indonesia adalah pada April 2016, dimana General Dapong Ratanasuwan, Menteri Pendidikan Thailand yang pada saat itu menjabat, menghadiri acara the 2nd Strategic Dialogue for Education Ministers (SDEM) di Bandung. Seluruh Direktur SEAMEO Centres di Indonesia juga diundang pada acara tersebut untuk menerima arahan. Selama pandemi COVID-19 tidak ada lagi kunjungan dari SEAMEO Council President ke negara-negara anggota SEAMEO, hingga saat ini.

Indonesia merupakan negara kedua yang dikunjungi secara tatap muka oleh Mr. Chan Chun Sing, setelah sebelumnya berkunjung ke Malaysia pada bulan Juli lalu, dan beliau juga menyempatkan berdialog dengan SEAMEO Centres yang ada di sana.

Di Indonesia, Mr Chan Chun Sing juga berkesempatan melakukan dialog bilateral dengan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Bapak Nadiem Makarim, pada tanggal 18 Oktober 2022 pagi. Selanjutnya Mr. Chan Chun Sing melakukan kunjungan ke 7 (tujuh) SEAMEO Centre di Indonesia, yakni; SEAMEO BIOTROP, SEAMEO CECCEP, SEAMEO QITEP in Language, SEAMEO QITEP in Mathematics, SEAMEO QITEP in Science, SEAMEO RECFON, dan SEAMEO SEAMOLEC. Acara penerimaan bertempat di Gedung SEAMEO SEAMOLEC, kompleks Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, pada hari Selasa, tanggal 18 Oktober 2022 di siang hari.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Duta Besar Singapura di Jakarta, Mr. Kwok Fook Seng beserta konselor bidang politik dan delegasi Kementerian Pendidikan Singapura. Dari Kemendikbudristek diwakili oleh Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Dr Iwan Syahril, beserta delegasi, dan juga perwakilan dari SEAMEO Secretariat.

Acara dimulai dengan makan siang bersama seluruh delegasi, Direktur dan Deputi Direktur 7 SEAMEO Centre Indonesia, dan tamu undangan lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan acara pameran sederhana dimana semua SEAMEO Centre Indonesia berkesempatan menjelaskan tentang peran dan fungsinya dalam mendukung literasi dan edukasi di Asia Tenggara melalui program unggulan masing-masing.

Dalam arahannya Mr Chan Chun Sing mengapresiasi program-program yang telah dilakukan oleh masing-masing SEAMEO Centre Indonesia dan mendukung inovasi-inovasi lainnya yang akan dilakukan. Beliau berharap dapat berkolaborasi dengan SEAMEO Centre Indonesia di masa mendatang.

Dr Iwan Syahril menambahkan, “Kemendikbudristek berharap SEAMEO Centre di Indonesia dengan perannya yang sangat strategis, tidak hanya mengimplementasikan 7 Area Prioritas SEAMEO, tapi juga mendukung kebijakan pendidikan Indonesia saat ini, yakni Merdeka Belajar.”

Atas nama seluruh Direktur SEAMEO Centre Indonesia, Dr Wahyudi, Direktur SEAMOLEC dan juga sebagai tuan rumah menyatakan, “7 SEAMEO Centre di Indonesia siap mendukung prioritas pendidikan di Asia Tenggara melalui program-program unggulannya, demi mewujudkan misi meningkatkan kualitas sumber daya manusia di wilayah regional.”

Informasi lebih lengkap tentang SEAMEO Centre Indonesia dapat diakses melalui laman berikut: https://seameo.id/

×