Jalin silaturahmi dengan MGMP Bahasa Mandarin, SEAQIL promosikan Klub Bahasa Mandarin

 

Jakarta, 3 July 2021—SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) menghadiri kegiatan silaturahmi yang diadakan oleh MGMP Bahasa Mandarin SMA DKI Jakarta pada Sabtu [3/7]. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh lembaga dan komunitas yang juga menaungi forum guru bahasa Mandarin, yakni Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (?PPPPTK) Bahasa dan Ikatan Guru Bahasa Mandarin Indonesia (IGUMI). Sebagai bentuk dukungan, selain menyampaikan apresiasi atas terbentuknya MGMP Bahasa Mandarin DKI Jakata, SEAQIL juga menawarkan program-programnya yang dapat diikuti oleh para guru bahasa Mandarin.

Dalam kegiatan tersebut, SEAQIL, melalui Deputi Direktur Program, Esra Nelvi Siagian, M.M., M.Ed., menyampaikan apresiasi atas keberhasilan Lim Liping (Ketua MGMP Bahasa Mandarin SMA DKI Jakarta periode sebelumnya) dan para anggota pengurus dalam menggerakkan MGMP Bahasa Mandarin SMA DKI Jakarta. Esra juga menyampaikan selamat dan sukses atas terpilihnya Ina Cakrawati sebagai Ketua MGMP Bahasa Mandarin SMA DKI Jakarta untuk periode yang baru.

Lebih lanjut, Esra menawarkan program dan aktivitas SEAQIL yang dapat diikuti oleh guru bahasa Mandarin, khususnya guru di DKI Jakarta. Esra menjelaskan bahwa program yang dirancang SEAQIL diharapkan dapat bermanfaat untuk guru bahasa Mandarin, tidak hanya sekadar program berjalan.

Secara detail, Esra menyebutkan bahwa ada beberapa program SEAQIL yang dapat diikuti oleh guru-guru bahasa Mandarin, yakni AISOFOLL, validasi modul penilaian, diklat PTK, pendampingan PTK, serta storytelling competition.

Selain itu, Esra juga turut mempromosikan program Klub Virtual Bahasa Mandarin dalam rangka memenuhi kebutuhan aktivitas yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara guru bahasa Mandarin. Dalam keterangannya, Esra mengungkapkan bahwa guru-guru yang terlibat dalam klub ini juga akan dibimbing untuk menghasilkan video pembelajaran dari hasil presentasi/diskusi dengan penutur jati dan peserta guru lainnya.

Pada tahun 2022, tutur Esra, Klub Virtual Bahasa Mandarin dapat ditargetkan untuk guru bahasa Mandarin di daerah selain DKI Jakarta dan bahkan hingga jenjang TK—SD. Terkait hal ini, Lim, menyampaikan bahwa Klub Bahasa Mandarin tersebut sangat bagus dan berharap klub tersebut dapat melibatkan guru SMA/SMK.

Bentuk dukungan juga disampaikan oleh widyaiswara bahasa Mandarin dari PPPPTK Bahasa, Mulawarni. Mulawarni mengungkapkan bahwa PPPPTK Bahasa mendukung program SEAQIL tersebut dan menurutnya, guru-guru bahasa Mandarin sudah mempunyai pengalaman berbicara dengan penutur jati, jadi lebih mudah untuk terlibat aktif.

Pada akhirnya, Esra menyampaikan apresiasi atas respons positif yang diberikan terkait Klub Bahasa Mandarin. Esra juga kembali mengajak para guru bahasa Mandarin untuk dapat mengikuti kegiatan SEAQIL yang juga mendukung program Guru Penggerak Kemendikbudristek. (/MR)

×