Dukung pemajuan program ke BIPA an, SEAQIL gaet mahasiswa UNY

 

SEAQIL menyambut mahasiswa magang BIPA dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) secara daring pada Jumat (18/6). Program magang ini merupakan salah satu realisasi perjanjian kerja sama SEAQIL dengan Fakultas Bahasa dan Seni UNY. Dalam hal ini SEAQIL menerima tiga mahasiswa untuk angkatan I (Maret—Mei 2021) dan angkatan II (Juni—Juli 2021).

Deputi Direktur Program, Esra Nelvi Siagian, M.M., M.Ed., menyampaikan bahwa mahasiswa akan turut membantu dalam menyiapkan dan mengelola kegiatan ke-BIPA-an, termasuk dalam penyusunan materi ajar BIPA dan pengembangan kapasitas pengajar BIPA yang diadakan oleh SEAQIL, termasuk pelatihan metodologi pengajaran BIPA (kerja sama SEAQIL dengan KBRI di Riyadh, Kerajaan Arab Saudi). Esra juga menjelaskan bahwa hal-hal yang akan dikerjakan oleh mahasiswa akan menjadi bekal bagi mereka jika nantinya berkecimpung di dunia ke-BIPA-an.

Lebih lanjut, Esra menjelaskan persiapan SEAQIL dalam penyusunan standar kompetensi pengajar BIPA yang digagas tahun 2020 dengan melibatkan pakar baik dari pemerintah maupun swasta. Terkait hal ini, Esra menambahkan bahwa gagasan tersebut juga menjadi momentum baik bagi mahasiswa untuk terlibat aktif dengan mengumpulkan data-data standar kompetensi pengajar bahasa yang juga dapat mereka pelajari.

Selain itu, SEAQIL juga melakukan pengembangan materi diklat BIPA. Terkait ini, mahasiswa akan terlibat dalam pendataan pakar BIPA baik dalam maupun luar negeri. Esra menyampaikan bahwa tugas ini akan menjadi keuntungan bagi mahasiswa untuk melakukan jejaring dengan institusi ke-BIPA-an.

Beniati Lestyarini, dosen di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNY, yang mendampingi mahasiswa, menyampaikan apresiasi kepada SEAQIL dan berharap kerja sama ini terus berlanjut karena magang yang ditawarkan oleh SEAQIL sangat dibutuhkan mengingat daya tarik yang tinggi dari mahasiswa pada peminatan konsentrasi BIPA.

SEAQIL berharap bahwa kolaborasi dengan perguruan tinggi dapat memacu pertumbuhan signifikan program-program potensial dalam mendukung kemajuan pendidikan, khususnya di Indonesia. Sebagai informasi, SEAQIL membuka selebar-lebarnya kesempatan kerja sama dengan berbagai pihak/institusi yang mempunyai visi dan misi serupa dengan SEAQIL.

×