SEAQIL Bergerak Bersama Wujudkan Merdeka Belajar

SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) dukung upaya gerakan perubahan bersama yang diusung Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui partisipasinya dalam Pameran Virtual Hari Pendidikan Nasional pada 21—23 Mei 2021.

Dalam pembukaan pameran (21/5), Nadiem Anwar Makariem menyampaikan tantangan dalam memajukan pendidikan Indonesia, yakni kekeliruan dalam menjadikan falsafah pemikiran Ki Hajar Dewantara tidak lebih dari sebuah slogan. Selain itu, peringatan hari pendidikan nasional sering kali tidak diikuti dengan refleksi yang berbuah solusi yang mengarah pada perubahan. Sebagaimana hari pendidikan sepatutnya menjadi momentum untuk mempertanyakan akses pendidikan Indonesia yang sampai saat ini belum merata dan belum merdeka dalam belajar.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makariem sampaikan dukungan terhadap visi dan misi presiden untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila pada pembukaan Pameran Virtual Hardiknas 2021

Dalam kesempatan terpisah, Direktur SEAQIL, Dr. Luh Anik Mayani, menyatakan hal serupa mengenai momentum Hari Pendidikan Nasional. Hadirnya pameran virtual dapat menjadi wadah transformasi bentuk pertanggungjawaban Centre kepada publik. Pameran ini menjadi sarana strategis untuk menginformasikan program, kontribusi, dan capaian Centre dalam pemajuan pendidikan di Indonesia dan Asia Tenggara. Selama tiga hari, SEAQIL menyajikan beragam informasi program dan kegiatan inovatif sebagai upaya pemajuan pendidikan, khususnya dalam bidang bahasa, baik yang sudah dilakukan ataupun akan mendatang. Selain itu, SEAQIL akan berbagi strategi untuk meningkatkan kemampuan literasi melalui Webinar: Strategi Peningkatan Literasi Membaca dan Menulis pada Minggu, 23 Mei 2021 pukul 11.00—12.00 WIB di Panggung Utama Pameran Virtual Hari Pendidikan Nasional. Webinar ini juga akan ditayangkan secara langsung melalui aplikasi Zoom dan YouTube SEAMEO QITEP in Language.

SEAQIL tergabung dalam stan Pameran Virtual SEAMEO Centre Indonesia

Sejatinya, Hari Pendidikan Nasional dapat dimaknai bukan hanya sebagai sebuah perayaan, namun juga sebagai momentum refleksi kondisi pendidikan nasional yang dapat berbuah solusi dan menjadi gerakan perubahan. Pameran virtual ini hadir sebagai salah satu bentuk pemanfaatan teknologi untuk perubahan pendidikan yang lebih berkualitas. Dengan hadirnya aksesibilitas tersebut, SEAQIL dapat yang dapat menyapa langsung masyarakat dan lebih menggaungkan “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”.

 

Narahubung:
Farrah Halimatussadyah (+62) 895 4120 42002
Divisi Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
SEAMEO QITEP in Language
Jalan Gardu, Srengseng Sawah, Jagakarsa
Jakarta Selatan, Jakarta 12640
INDONESIA

Telepon: 021 78884106
Pos-el: info@qiteplanguage.org
Laman: qitepinlanguage.org

Twitter: QITEPinLanguage
Instagram: qitepinlanguage
Facebook: qiteplanguage
YouTube: SEAMEO QITEP in Language

×